Rabu, 18 April 2012

how to save ur android

Sistem operasi Android yang banyak digunakan di tablet PC maupun smartphone memang tengah naik daun. Namun seiring dengan makin populernya Android, begitu pula ancaman yang menyertainya. Bahkan, beberapa waktu lalu dilaporkan bahwa ancaman malware terhadap Android meningkat cukup tajam di tahun 2011.
Sistem Android yang terlalu terbuka, dimana setiap orang bisa mengembangkan segala aplikasi dan menempatkannya di Android Market dengan mudah, disebut-sebut sebagai penyebab maraknya malware ini. Jadi aplikasi bisa muncul di Android Market tanpa melalui proses verifikasi terlebih dahulu. Hal inilah yang beresiko pada penyusupan malware.
Ibarat PC dengan sistem operasi Windows-nya, gadget dengan platform Android memang sangat banyak menghadapi ancaman berupa virus atau malware beserta variannya. Oleh karena itu, kehati-hatian serta perilaku kamu dalam berinternet mesti diperhatikan. Kamu mesti memperhatikan beberapa hal yang sepertinya sepele namun bisa menghalau datangnya ancaman serta hal lain yang bisa mengganggu. Meski tidak 100% bisa mencegah masuknya malware atau hilangnya data penting, tapi paling tidak peluang untuk itu bisa diminimalisir.
Berikut beberapa tips yang bisa kamu jadikan patokan agar Android kamu tetap aman dan dapat bekerja secara optimal.
1. Aktifkan Lock Screen
Sebagai benteng pertahanan pertama, kamu bisa mengaktifkan lock screen. Pastikan kamu mengunci tampilan smartphone agar orang tidak sembarangan mengintip “isi” di dalamnya. Aktifkan pula mode “screen timeout” yang terproteksi password.
2. Lakukan Update Secara Rutin
Lakukan update secara rutin pada sistem maupun aplikasi keamanan yang ada. Beberapa perbaikan patch dapat mengurangi resiko akan ancaman kemanan dan juga membuat sistem lebih optimal.
3. Jangan Simpan Data Penting

Jangan menyimpan data penting seperti informasi account bank, password atau nomor kartu kredit. Bayangkan jika data tersebut dicuri oleh Hacker pada saat kamu berinternet. Jika terpaksa, pastikan data tersebut telah diproteksi dengan baik. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan aplikasi proteksi atau enkripsi data.
Teliti Aplikasi yang Akan di Download

Jumlah aplikasi untuk Android bisa mencapai ratusan ribu. Dari sekian banyak aplikasi tersebut, bisa saja diantaranya ditunggangi malware, virus atau trojan. Jika tertarik megunduh suatu aplikasi, pastikan kamu melihat review dari pengguna lain serta selidik pihak pengembang yang membuatnya untuk memastikan aplikasi tersebut aman.
5. Install Aplikasi Keamanan
Melindungi Android kamu dengan aplikasi keamanan menjadi hal pokok lainnya. Android merupakan aplikasi yang mengalami perkembangan cukup pesat. Begitu pula dengan ancaman yang menyertainya. Oleh karena itu, gunakan aplikasi keamanan seperti Anti Virus agar sistem lebih aman dan kebal dari hal-hal yang tidak diinginkan.
6. Usahakan Tidak Melalukan Root
Meski cukup menggoda karena kamu bisa mendapatkan akses penuh setelah melakukannya, melakukan root pada Android beresiko pada masuknya aplikasi mallware seperti virus atau trojan dengan lebih mudah. Meski tanpa di root ancaman tersebut tetap ada, namun dengan melakukan root maka kemanan sistem kami menjadi lebih rentan akan hal-hal tersebut.
7. Gunakan Aplikasi Anti Maling
Aplikasi semacam ini bisa menjadi solusi saat Android kamu hilang atau dicuri. Biasanya ia bekerja dengan langsung mengunci system dari jarak jauh agar tidak bisa digunakan. Jika beruntung kamu, kamu bisa melacak kembali ke beradaaan Android yang hilang itu. Atau paling tidak, data kamu yang berada didalamnya tidak bisa dilihat atau disalahguanakan oleh orang lain.
8. Jangan Abaikan Backup
Meski cara² di atas sudah kamu lakukan, jangan abaikan untuk melakukan backup. Apalagi bila data tersebut penting dan berharga bagi kamu. Backup dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan atau kehilangan data disaat-saat yang tidak terduga. Kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa didapat melalui Android Market. So, ingat pepatah, sedia payung sebelum hujan. Backup data sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan
Source
http://blog.blackshell.us

1 komentar:

  1. BERITA BAIK BERITA BAIK

    Halo semuanya, saya SUWANDI dari indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman di mana-mana untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah tipuan, penipuan dan penipuan, dan juga beberapa testimonial di sini salah, mereka adalah orang yang sama. Karena itu, tolong berhati-hatilah untuk tidak menjadi persekutuan mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali kira-kira Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, bea cukai dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar berkali-kali. Ini akan menarik minat Anda untuk mengetahui ada undang-undang tentang pembiayaan undang-undang atau peraturan dewan ini untuk mendapatkan pinjaman dari undang-undang pemberi pinjaman atau perusahaan mana pun. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebanyak $ 250.000 dari perusahaan yang diperkenalkan teman saya Achmad Halima. Perusahaan pinjaman yang dapat dipercaya dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk meringankan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman pinjaman tahu apa yang seharusnya ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu mengetahui dan hak untuk menawarkan pinjaman (pedagang pribadi atau pinjaman) dan layanan keuangan.

    Saya sangat mengabdikan diri untuk membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, e-mail saya (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

    Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

    BalasHapus